KONSELING KARIR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS MENGGUNAKAN TEKNOLOGI REALITAS VIRTUAL

Authors

  • hadziq fabroyir Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Achmad Fahriza Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Muhammad Rayyaan Fatikhahur Rakhim Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Achmad Chabiburrohman Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Ahmad Raihan Muzakki Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Fawwaz Abdulloh Al-Jawi Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Siska Arifiani Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Anny Yuniarti Institut Teknologi Sepuluh Nopember

DOI:

https://doi.org/10.59458/jwl.v4i1.67

Keywords:

Konseling karir, realitas virtual, sekolah menengah atas, evaluasi dampak

Abstract

Pada pengabdian masyarakat ini, teknologi realitas virtual atau virtual reality (VR) dimanfaatkan untuk mendukung proses konseling karir siswa sekolah menengah atas (SMA). Tim pengabdi bekerja sama dengan Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Pasuruan yang menghadapi masalah rendahnya akurasi rekomendasi dan relevansi karir bagi siswa. Evaluasi dampak penggunaan teknologi VR dalam konseling karir dan pemilihan jurusan kuliah dilakukan terhadap 55 siswa MAN IC Pasuruan. Metode melibatkan pemaparan materi tentang VR, penyelenggaraan konseling menggunakan VR, pengerjaan psikotes, serta pengisian kuesioner minat bakat oleh siswa. Hasil tes dievaluasi lebih lanjut menggunakan Weighted Standard Deviation dan Jenks Natural Breaks. Evaluasi menunjukkan dominasi variasi tingkat kecocokan sedang (di rentang 80-90) antara minat bakat, potensi akademik, dan hasil tes VR. Proses ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang profil siswa dalam konteks minat, bakat, dan potensi akademik mereka, memperkuat pendekatan komprehensif dalam mendukung konseling karir di tingkat SMA.

Downloads

Published

2024-01-22

How to Cite

fabroyir, hadziq, Fahriza, A., Rakhim, M. R. F., Chabiburrohman, A., Muzakki, A. R., Al-Jawi, F. A., Arifiani, S., & Yuniarti, A. (2024). KONSELING KARIR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS MENGGUNAKAN TEKNOLOGI REALITAS VIRTUAL. Jurnal Widya Laksmi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 18–22. https://doi.org/10.59458/jwl.v4i1.67