PELATIHAN PEMBUATAN GAME SEDERHANA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK PENGAJAR SMP BERBASIS ARTIFICIAL INTELEGENT

Authors

  • Billy Sabella Politeknik Negeri Tanah Laut
  • Herfia Rhomadhona
  • Ahmad Rusadi Arrahimi

DOI:

https://doi.org/10.59458/jwl.v3i2.59

Keywords:

Artificial Intelegent, Game, Pengajar, Pembelajaran, Scratch

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat dilakukan di Desa Bumijaya Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan. Sasaran dari pengabdian ini adalah pada pengajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Desa Bumijaya. Sebagian besar pengajar menggunakan media pembelajaran yang masih konvensional. Dimana para pengajar belum menggunakan teknologi sebagai media pembelajaran. Oleh sebab itu, dibutuhkan sebuah pelatihan media pembelajaran menggunakan teknologi. Teknologi yang dimaksud adalah Artificial Intelegent yang diterapkan dalam pembuatan game sederhana dengan Scratch sebagai media pembelajaran. Tahapan pelaksanaan dalam kegiatan tersebut adalah pemaparan materi artificial intelegent, pembuatan akun scratch, membuat game kemudian evaluasi. Evaluasi pelatihan pembuatan game sederhana dilakukan oleh 10 (sepuluh) pengajar dengan 30 soal yang terdiri dari soal pretest dan postest. Soal yang digunakan untuk pretest dan postest merupakan soal yang sama guna mengukur tingkat pehaman pengajar. Berdasarkan hasil evaluasi menunjukan peningkatan pengetahuan tentang coding Artificial Intelegent dan scratch.

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Sabella, B., Rhomadhona, H., & Rusadi Arrahimi, A. (2023). PELATIHAN PEMBUATAN GAME SEDERHANA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK PENGAJAR SMP BERBASIS ARTIFICIAL INTELEGENT. Jurnal Widya Laksmi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 69–76. https://doi.org/10.59458/jwl.v3i2.59