Pembelajaran Anti Phising Melalui Media Edukasi Berupa Game Framework Di SMK Negeri 1 Negara

Authors

  • I Komang Setia Buana Buana Politeknik Siber dan Sandi Negara
  • Ray Novita Yasa
  • Girinoto Girinoto
  • Hermawan Setiawan
  • Raden Budiarto Hadiprakoso
  • Herman Kabetta
  • Nurul Qomariasih

DOI:

https://doi.org/10.59458/jwl.v3i1.43

Keywords:

gamifikasi, sosialisasi, social engineering awareness

Abstract

Berselancar di Internet dengan bekal literasi digital yang minim memiliki banyak risiko, seperti yang paling umum terjadi yakni Penipuan. Namun seiring berkembang kecanggihan teknologi pada saat ini, juga secara tidak langsung membuat oknum-oknum yang melakukan Cybercrime semakin “Kreatif” untuk melancarkan aksi jahatnya, salah satunya adalah phising. Phising adalah sebuah kejahatan digital yang bertujuan untuk mencuri informasi dan data pribadi melalui email, telepon, pesan teks atau tautan yang mengaku sebagai instansi atau pihak-pihak tertentu. Untuk menghadapi hal ini, perlu dibekali pengetahuan literasi digital yang memadai. Maka dari itu, diperlukan sosialisasi sambil bermain game dengan tema: “Media Edukasi Anti Phising Melalui Game Framework”

Downloads

Published

2023-01-30

How to Cite

Buana, I. K. S. B., Yasa, R. N., Girinoto, G., Setiawan, H., Hadiprakoso, R. B., Kabetta, H., & Qomariasih, N. (2023). Pembelajaran Anti Phising Melalui Media Edukasi Berupa Game Framework Di SMK Negeri 1 Negara. Jurnal Widya Laksmi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 49–54. https://doi.org/10.59458/jwl.v3i1.43